Contoh ( RPP ) IPA

25 Okt

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   SDN 21 Surabayo

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester             :   IV/1

waktu                           :   4 x 35 menit  (3 X pertemuan)

 

  1. Standar Kompetensi

1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

 

  1. Kompetensi Dasar

1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

 

  1. Indikator
  • Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.

 

  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:

ü  rangka kepala

ü  rangka badan

ü  rangka anggota gerak

ü  sendi

secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

  • Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
    • oSiswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
    • Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

 

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

  1. Metode
  • Ceramah
  • Praktek
  • Rangka dan Panca Indera Manusia
  1. Materi Pokok

Materi Essensial

  • Mengenal Rangka Manusia
  • Bagian rangka
  • Fungsi rangka

 

Kerangka manusia

Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.

 

Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.

 

 

 

 

 

  1. Kegiatan Pembelajaran
pertemuan 1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Memahami peta konsep tentang rangka manusia

F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mendeskripsikan rangka manusia:

–   rangka kepala

–   rangka badan

–   rangka anggota gerak

–   sendi

F Siswa menyebutkan rangka kepala

–   T.Ubun

–   T.Pelipis

–   T. Mata

–   T. Dahi

–   T.Hidung

–   T.Pipi

–   Rahang atas

–   Rahang bawah

 

F Siswa menyebutkan rangka badan

–   T.Tengkorak

–   Ruas-ruas Tulang leher

–   T.Selangka

–   T.Belikat

–   T.Dada

–   T.Rusuk

 

–   T.Lengan Atas

–   Ruas-ruas Tulang Punggung

–   TT.Panggul

–   T.Hasta

–   T.Pengumpil

–   T.Pergelangan Tangan

–   T.Telapak tangan

–   Ruas-ruas Jari Tangan

–   T.Paha

 

–   T.Tempurung lutut

–   T.Betis

–   T.Kering

–   T.Pergelangan kaki

–   T.Telapak kaki

–   Ruas-ruas jari

–   T.Kemaluan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya

 

( 50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
  • Mengambar rangka badan manusia
 
pertemuan 2
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengumpulkan pekerjaan rumah
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya
 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menagih tugas pertemuan sebelumnya

F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak

F Mendeskripsikan Sendi :

–   Sendi Engsel

–   Sendi Pelana

–   Sendi Peluru

–   Sendi Putar

–   Sendi Geser

 

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness).

F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.

F Melakukan kegiatan

F Membuat kesimpulan dari kegiatan.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

F Mengambar rangka badan manusia

 
pertemuan 3
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang

F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan kegiatan

F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:

–   Lordosis

–   Kifosis

–   Skoliosis

F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor

 
  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
Tugas Individu

dan Kelompok

 

Laporan dan Unjuk kerja

 

 

  • Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

  • Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

  • Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

 

LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

             

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) 100.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

 

 

Kepala SDN 21 Surabayo

 

 

 

 

ADRIANI S.Pd


 

Guru Kelas IV

 

 

 

 

ASMELIA

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: