Contoh ( RPP ) kelas Rangkap

25 Okt

RENCANA PEMBELAJARAN

KELAS RANGKAP

 

Satuan Pendikan         :  SDN 21 Surabayo
Mata Pelajaran            :  B.Indonesia
IPA
Kelas  / Semester       :  III dan IV / II
Waktu                             :  1 x 35 menit

  1.  STANDAR KOMPETENSI
    1. Bahasa Indonesia Kelas III

-       Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerta.

  1. IPA Kelas IV

-       Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruh daratan.

  1.  KOMPETENSI DASAR
    1. Bahasa Indonesia kelas III

-       Menceritakan peristiwa alam yang pernah di alami dilihat atau didengar.

  1. IPA Kelas IV

-       Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan ( Erosi, Abrasi, Banjir, dan Lonsor )

III .  INDIKATOR

-       Menceritakan kembali peristiwa yang di lihat anak atau yang di alami.

-       Menjelaskan secara terperinci satu persatu tentang suatu tempat peristiwa.

-       Menjelaskan perubahan daratan dan penyebabnya.

-       Menjelaskan pengaruh perubahan fisik terhadap daratan.

IV .  MATERI POKOK

-       Pengalaman tentang  peristiwa alam.

-       Perubahan lingkungan fisik.

V . MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

  1. Alat peraga berupa peristiwa alam

-       Peristiwa Banjir.

-       Tanah Longor.

-       Kebakaran Hutan.

  1. Sumber
    1. Kurikulum KTSP Kelas III Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
    2. Kurikulum KTSP Kelas III Mata Pelajaran IPA.
    3. Buku IPA.
    4. Koran tentang peristiwa peristiwa atau bencana alam.

VI . METODE PEMBELAJARAN

-       Tanga jawab.

-       Ceramah.

-       Pemberian Tugas.

VII .  KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Persepsi

-    Menanyakan kepada siswa tentang kapan terjadinya gempa yang dahsyat di daerah kita.

-   Apa akibatnya (Menuruut satrigi guru masing – masing).

  1. Absesi (Secara global).
  2. Berdo’a.
  3. Penyajian Pembelajaran (Kegaitan Inti)
    1. Salah seorang siswa disuruh bercerita singkat tentang peristiwa alam yang telah di alami atau di lihat.
    2. Guru mengajarkan tentang peristiwa apa saja yang telah didengar, di lihat, dan di alami.
    3. Siswa menyebutkan satu persatu peristiwa alam.
    4. Guru menjelaskan perubahan lingkungan fisik terhadap daratan yaitu hujan, gelombang laut, angin, dan badai.
    5. Menyebutkan apa pengaruh terjadinya perubahan lingkungan fisik terhadap daratan sperti banjir akibat hujan, stunami akibat gelombang laut, angin topan.
    6. Penutup (Kegiatan Akhir)
      1. Siswa disuruh membuat karangan tentang salah satu peristiwa alam yang sudah didengar, dilihat, dan di alami.

b. Siswa menyimpulkan pelajaran dan membuat latihan.

VIII.  EVALUASI

  1. Bentuk Penilaian :

-       Penilaian yang dilakukan sebelum proses belajar mengajar (Apersepsi)

-       Penilaian yang dilakukan diwaktu proses belajar mengajar (Pengamatan)

-       Penilaian yang dilakukan setelah proses balajar mengajar ( Evaluasi)

  1. Jenis Tes :

-       Tes lisan.

-       es tertulis.

  1. Bentuk Soal Untuk Kelas IV :

-       Petunjuk soal jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat :

  1. Sebutkan 2 jenis perubahan lingkungan ?
  2. Apakah yang bila sering terjadi hujan ?
  3. Apakah yang terjadi bila sering terjadi pengikisan tanah ?
  4. Sebutkan apa yang dimaksud dengan erosi ?
  5. Sebutkan 4 cara menanggulangi erosi ?
  6. Kunci Jawaban :

1.1.  Perubahan lingkungan yang bersifat alamiyah.

1.2.  Perubahan lingkungan yang terjadi akibat campur tangan manusia

  1. Banjir
  2. Erosi
  3. Pengikisan tanah yang bisa mengakibatkan banjir

5.1.  Penanaman kembali pohon – pohon yng telah gundul ( Reboisasi

5.2.  Pembauatan terasering atau sengkedan

5.3.  Tidak melakukan pembakaran pohon atau hutsn

5.4.  Mengadakan hutan lindung

                                                                                          

    Mengetahui                                                         Lubuk Basug, 15 April 2010

Kepala Sekolah                                                     Maha Siswa / Guru Kelas

 

   

 

 

          ZUNIDAR.S.pd                                                    ASMELIA

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: